Kamis, 21 Oktober 2021

nasional


Pasukan Khusus Taliban 'Badri 313' Berikan Rasa Aman di Bandara Kabul

Akun media sosial yang terkait dengan Taliban mengklaim bahwa anggota kelompok Badri 313 memberikan 'keamanan' di bandara internasional Kabul. Badri 313 adalah sayap pasukan khusus tentara Taliban.

badri 313

Pasukan khusus Taliban Badri 313 di bandara Kabul, Afghanistan. (Foto: FDD Long War Journal)

GARDANASIONAL.COM, JAKARTA — Akun media sosial yang terkait dengan Taliban mengklaim bahwa anggota kelompok Badri 313 memberikan 'keamanan' di bandara internasional Kabul. Badri 313 adalah sayap pasukan khusus tentara Taliban. Ia bertanggung jawab atas beberapa keberhasilan medan perang utama kelompok tersebut dan juga telah melakukan operasi syahid (martir) yang kompleks.



Foto yang diposting di feed terkait Taliban konon menunjukkan Badri 313 unit di dalam dan sekitar bandara di Kabul. Tidak jelas berapa banyak anggota kelompok itu di sana. Jurnal Perang Panjang FDD belum secara independen mengkonfirmasi kehadiran mereka.



Jaringan Haqqani, yang memainkan peran integral dalam struktur komando politik dan militer Taliban, telah lama mengiklankan operasi yang dilakukan oleh pasukan khusus di 'Tentara Badri'. Haqqani, setidaknya, bersekutu erat dengan Al-Qaidah.



Pada Februari 2020, misalnya, lengan media Manba Al-Jihad Haqqani merilis video berjudul, 'Serangan Badri'. Produksi itu di-posting online hanya beberapa pekan sebelum pemerintahan Trump menandatangani perjanjian penarikan dengan Taliban di Doha.



'Serangan Badri' berisi klip dari Presiden Trump yang mengatakan bahwa “rakyat Amerika lelah berperang tanpa kemenangan.” Trump melanjutkan: “Tidak ada yang lebih jelas daripada perang di Afghanistan, perang terpanjang dalam sejarah Amerika, 17 tahun.” Produser video mengatakan Amerika dan sekutunya di Kabul telah dikalahkan.



Narator video tersebut menyatakan bahwa sementara AS pernah menyatakan Taliban sebagai 'teroris', ia terpaksa bernegosiasi dengan para mujahidin. Pembicaraan tersebut digambarkan sebagai kemenangan yang jelas bagi Imarah Islam Taliban, yang dicontohkan oleh narator sebagai contoh bagi kelompok muslim lainnya di seluruh dunia. Produksi tersebut juga menempatkan kembalinya Imarah Islam Taliban yang akan datang dalam konteks pencarian kaum muslimin untuk mengembalikan kekhalifahan Islam ke tampuk kekuasaan. Dengan kata lain, Taliban mengantisipasi kemenangan penuh di bulan-bulan mendatang.



(FDD Long War Journal)



Leave a Comment



euforia emas
berita dunia islam terbaru